I. KOMPETENSI DASAR
5.1. Mengidentifikasi perangkat lunak lembar kerja (workseet) beserta fungsi icon dan menunya
II. INDIKATOR
· Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka
· Mengaktifkan program
· Menggunakan berbagai menu pada program lembar kerja (work seet)
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
· Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka
· Mengaktifkan program pengolah angka Microsoft Excel
· Menggunakan berbagai menu yang ada pada lembar kerja (worksheet)
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Langsunng dan Praktik
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Modul Pembelajaran Sadiman
3. Undang-undang hak cipta
VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
2. Apersepsi tentang pengolah angka dan worksheet
3. Motivasi penggunaan excel dalam dunia kerja
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam)
1. Guru memberikan contoh beberapa program pengolah data yang populer
2. Guru menginformasikan tentang keunggulan MS. Excel
3. Guru memberikan contoh step by step cara mengaktifkan MS.Excel
4. Guru membimbing siswa untuk mengaktifkan MS. Excel dan menon-aktifkannya
Pertemuan ke-2 (2 jam)
5. Guru menjelaskan step by step tentang bagian-bagian dari lembar kerja MS.Excel mulai dari Menu, Tool menu, indikator alamat cell, cell, kolom, lebar kolom, baris, banyak baris, sheet
6. Guru memberikan contoh cara mengetik pada lembar kerja MS.Excel
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar